RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : MAN
Palangki
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas /
Semester : XI / II
Aloksasi
Waktu : 4 X 45
menit
Aspek :
Afektif, Kognitif
I. Standar
Kompetensi
4. Menganalisis
hubungan internasional dan organisasi internasional
II. Kompetensi
Dasar
4.1 Mendeskripsikan
pengertian, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara
III.
Indikator
v Mendeskripsikan
pengertian hubungan internasional
v Mendeskripsikan dampak
suatu Negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa
v Menguraikan pentingnya
hubungan internasional
v Mengidentifikasi sarana-sarana
hubungan internasional
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini diharapkan
siswa mampu :
1.
Mampu
mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
2.
Mampu
mendeskripsikan dampak suatu Negara yang mengucilkan diri dari pergaulan
antarbangsa
3.
Mampu
menguraikan pentingnya hubungan internasional
4.
Mampu
mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional
V. Materi Pembelajaran
a.
Pengertian
hubungan internasional
b.
Dampak
suatu Negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antarbangsa
c.
Pentingnya
hubungan internasional
d.
Sarana-sarana
hubungan internasional
VI. Alokasi Waktu
BEBAN BELAJAR
TM
|
BENTUK KEGIATAN / TUGAS
-
Guru
memberikan pengantar konsep tentang pengertian hubungan internasional
|
PT
|
-
Siswa mendiskusikan materi tentang dampak suatu Negara yang mengucilkan diri
dari pergaulan antar bangsa,pentingnya hubungan internasional dan
sarana-sarana hubungan internasional
- Siswa mempresentasi hasil diskusi
- Siswa mencatat pokok-pokok isi pembicara
dalam diskusi
- Siswa merangkum isi pembicara dalam diskusi
- Siswa mengomentari pendapat seseorang dalam
diskusi
|
KMTT
|
- Tugas kelompok
- Siswa disuruh memperhatikan sebuah masalah dan memperhatikan jalanya diskusi
|
VII.
Metode Pembelajaran
·
Tanya
jawab
·
Diskusi
·
Penugasan
VIII.
KegiatanPembelajaran
a.
Pendahuluan
( 10 Menit )
o
Menyiapkan
perserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
dengan membaca do’a dan mengambil absen
o
Menanyakan
kepada siswa tentang merangkum isi diskusi tentang dampak suatu Negara yang
mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa , pentingnya hubungan
internasional dan sarana-sarana internasional
o
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
o
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
b.
Kegiatan
inti ( 60 Menit )
1.
Eksplorasi
o
Melibatkan
peserta didik mancari materi dampak suatu Negara yang mengucilkan diri dari
pergaulan antar bangsa , pentingnya hubungan internasional dan sarana-sarana
internasional
o
Mengunakan
pendekatan pembelajaran yang kontekstual serta menggunakan media pembelajaran
o
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik dengan guru dengan mengunakan metode
Tanya jawab dan diskusi
o
Melibatkan
perserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
2.
Elaborasi
o
Membiasakan
peserta didik membaca dan menulis pembelajaran melalui Tanya jawab dan diskusi
o
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas untuk memunculkan gagasan baru secara
lisan maupun tulisan
o
Memberikan
kesempatan utnuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak
tanpa rasa takut dengan membahas materi
o
Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif dengan menampilkan
hasil kerja siswa dalam menganalisis hubungan internasional dan organisasi
–organisasi internasional
o
Memfasilitasi
peserta didik berkompetensi secara sehat dalam menyelesaikan masalah atau tugas
untuk meningkatkan prestasi belajar
o
Memfasilitasi
peserta didik dalam menganalisis hubungan internasional dan organisasi –
organisasi internasional
o
Memfasilitasi
peserta didik untuk mempresentasikan hasil kerja siswa dengan mengemukakan
gagasan atau ide
o
Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebangaan dan rasa percaya
diri peserta didik dengan memberikan penilaian / reward setiap pekerjaan siswa.
3.
Konfirmasi
o
Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik dalam mengerjakan tugas
o
Memberikan
konfirmasi tarhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
o
Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman pengamalan belajar
yang telah dilakukan
o
Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengamalan yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar
c.
Penutup
( 20 Menit )
o
Bersama-sama
dengan peserta didik membuat rangkuman pembelajaran
o
Melakukan
penilaian atau refleksi
o
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
o
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedy atau pengayaan
o
Menyampaikan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya agar siswa bisa mempersiapkan diri
untuk pembelajaran berikutnya
IX.
Sumber dan Alat Belajar
1.
Buku
pendidikan kewarganegaraan kelas XI penerbit : Erlangga
2.
Buku
pendidikan kewarganegaraan kelas XI penerbit : Esis
3.
Model
diskusi
X.
Penilaian
1.
Penilaian
afektif : Penilaian terhadap sikap
siswa yang diamati selama proses belajar
mengajar berlangsung
2.
Penilaian
kognitif
a. Tes lisan :
- Tanya jawab secara langsung
- Mengajukan pertanyaan atau tanggapan
dengan mengunakan alasan yang logis
- Mengajukan argumentasi yang dapat
mendukung atau menentang pendapat pembicara
b. Tes tulisan
Mengetahui Pemeriksa Palangki, Januari 2014 K e p a l a Wakil
Kurikulum Guru Mata Pelajaran
Drs.H.Syamsul Arifin Susy Novianti,S.Pd Lina Maya Sari, S.Pd
NIP.
196612011992031001 NIP :197011161997032001 NIP :197801012005012013
RANCANGAN PEMBELAJARAN PKN
RANCANGAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah
: Man Palangki Sijunjung
Mata
Pelajaran
: Pendidikan kewarganegaraan
Kelas/semester : XII/ 1
(Ganjil)
Standar
Kometensi :
1. Menampilkan sikap positif terhadap
pancasila dan sebagai ideologi terbuka
Kompetensi
Dasar :
1.1. Mendiskrifsikan pancasila
sebagai ideologi terbuka
1.2. Menganalisi pancasila sebagai
sumber nilai dan
Paradigma pembangunan
Indikator :
Pertemuan I
·
Mendiskrifsikan
makna pancasila sebagai dasar negara
·
Mengemukan
proses perumusan pancasila sebagai dasar negara
·
Menguraikan
fungsi pokok pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara
·
Mendiskrifsikan
makna pancasila sebagai ideologi terbuka
Pertemuan II
·
Mendiskrifsikan
pancasila sebagai sumber nilai
·
Mendiskrifsikan
pancasila sebagai paradigma pembangunan
·
Menganalisis
pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
Alokasi
waktu
: 4x45 menit (2 kali pertemuan)
I.
Tujuan
pembelajaran :
·
Siswa
dapat mendiskrifsikan pancasila sebagai ideologi terbuka, menganalis pancasila
sumber nilai dan paradigma pembangunan serta siswa dapat menampilkan sikap
pisitif terhadap pancasila sebagai ideologi terbuka.
II.
Materi
ajar( Materi pokok)
Pertemuan I
Pancasila sebagai ideologi terbuka:
o
Pengertian
ideologi negara
o
Makna
ideologi negara
o
Proses
perumusan pancasila sebagai dasar negara
Pertemuan II
o
Fungsi
pokok pancasila
o
Membedakan
ideologi terbuka dan ideologi tertutup
III.
Metode
pembelajaran
Pendekatan analisis nilai
o
Diskusi
o
Tanya
jawab
o
Tugas
kelompok
o
Kooperatif
teknik jigsaw
IV.
Langkah-langkah
pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal
o
Membuka
pelajarandengan salam
o
Tanya tentang pelajaran minggu lalu(review)
o
Menyampaikan
pokok materi pembahasan hari ini
o
Menginformasikan
kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran
B. Kegiatan inti
o
Membagi
siswa dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang siswa dinamakan
kelompok kooperatif.
o
Guru
menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok
kooperatif yang terdiri:
Ø Mendiskrifsikan pancasila sebagai
ideologi terbuka
Ø Mengemukakan proses perumusan
pancasila sebagai dasar negara
Ø Menguraikan fungsi pokok pancasila
sebagai dasar negara dan ideologi negara
Ø Membedakan ideologi terbuka dan
ideologi tertutup
o
Setelah
melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil
undian tugas secara individual yang telah disediakan oleh guru. Undian
berisikan materi-materi yang telah didiskusikan
o
Meminta
perwakilan kelompok kooperatif untuk mempersentasikan hasil diskusi secara menyeluruh
dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan
o
Guru
sebagai fasilitator jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan
dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.
V.
Kegiatan
penutup
o
Guru
memberikan penelusuran agar tidak terjadi kesalahan konsep
o
Guru
bersama-sama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
o
Guru
melakukan post tes secara lisan tentang materi yang dipelajari
o
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari
hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya.
o
Guru
menutup pelajaran dengan salam
PERTEMUAN II
A. . Kegiatan awal
o
Membuka
pelajaran dengan salam
o
Tanya
jawab tentang pelajaran yang lalu
o
Menyampaikan
pokok materi pelajaran hari ini
B. Kegiatan inti
o
Membagi
siswa dalam 8 kelompok, masing-masing kelompok terdiri 4 orang anggota.
o
Guru
memberikan tugas yang harus dikerjakan oleh masing-masing kelompok yaitu: yaitu
berdiskusi hasil penggalian informasi makna pancasila sebagai ideologi terbuka”
o
Siswa
maju kedepan untuk mempersentasikan hasil diskusi
o
Guru
bersama siswa menympulkan hasil diskusi
o
Siswa
menyerahkan laporan hasil diskusi secara tertulis kepada guru
C. Kegiatan akhir
o
Guru
memberikan penelusuran agar tidak terjadi kesalahan konsep
o
Guru
melakaukan post test secara lisan tentang materi yang telah dipelajari
o
Guru
menutup pelajaran dengan salam
VI.Alat dan
sumber bahan
A. Alat
o
Kertas
beisikan undian
o
OHP
atau laptop dan LCD
o
Televisi,
gambar-gambar yang mendukung
B. Sumber dan bahan
o
Buku
kewarganegaraan untuk kelas XII untuk SMA, Earlangga, Jakarta
o
Drs.
Encang iskandar M.Pd, dkk (2006), Pendidikan kewarganegaraan penerbit:PT Remaja
posda karya, Bandung
o
Drs.H.
Suardi abu bakar, dkk (2005), Kewarganegaraan 3, Penerbit Yudistira, Jakarta.
o
Lembar
kerja siswa XII A
o
Artikel/berita
dari media massa yang mendukung
VII.
Penilaian
o
Tes
tertulis berbentuk essay
o
Penilaian
terhadap proses dan hasil presentasi siswa baik dalam kelompok masing-masing
ataupun dalam diskusi kelas serta tanggung jawab individu terhadap kelompoknya.
o
Penilaian
terhadap unjuk kerja berupa laporan tertulis
Palangki, Mei 2014
Mengetahui,
Kepala Guru Mata Pelajaran
Rudianto, S. Pd, M. Mpd Lina Maya Sari, S. Pd
Nip. 196910121997031004 197801012005012013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar