Minggu, 15 Juni 2014

RPP PKN SEMESTER II



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                        : MAN Palangki
Mata Pelajaran                            : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester                         : XI / II
Aloksasi Waktu                           : 4 X 45 menit
Aspek                                         : Afektif, Kognitif
I.     Standar Kompetensi
4. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional
II.  Kompetensi Dasar
4.1 Mendeskripsikan pengertian, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara
III. Indikator
v  Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
v  Mendeskripsikan dampak suatu Negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa
v  Menguraikan pentingnya hubungan internasional
v  Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional
IV. Tujuan Pembelajaran
             Setelah mempelajari materi ini diharapkan siswa mampu :
1.       Mampu mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
2.       Mampu mendeskripsikan dampak suatu Negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antarbangsa
3.       Mampu menguraikan pentingnya hubungan internasional
4.       Mampu mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional
V. Materi Pembelajaran
a.       Pengertian hubungan internasional
b.       Dampak suatu Negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antarbangsa
c.       Pentingnya hubungan internasional
d.       Sarana-sarana hubungan internasional
VI. Alokasi Waktu
BEBAN BELAJAR

         TM
BENTUK KEGIATAN / TUGAS
-       Guru memberikan pengantar konsep tentang pengertian hubungan internasional
PT
- Siswa mendiskusikan materi tentang dampak suatu Negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa,pentingnya hubungan internasional dan sarana-sarana hubungan internasional
-  Siswa mempresentasi hasil diskusi
-  Siswa mencatat pokok-pokok isi pembicara dalam diskusi
-  Siswa merangkum isi pembicara dalam diskusi
-  Siswa mengomentari pendapat seseorang dalam diskusi
KMTT
-    Tugas kelompok
-  Siswa disuruh memperhatikan sebuah  masalah dan memperhatikan jalanya diskusi
VII. Metode Pembelajaran
·         Tanya jawab
·         Diskusi
·         Penugasan
VIII. KegiatanPembelajaran
a.    Pendahuluan ( 10 Menit )
o   Menyiapkan perserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan membaca do’a dan mengambil absen
o   Menanyakan kepada siswa tentang merangkum isi diskusi tentang dampak suatu Negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa , pentingnya hubungan internasional dan sarana-sarana internasional
o   Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
o   Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
b.    Kegiatan inti ( 60 Menit )
1.    Eksplorasi
o   Melibatkan peserta didik mancari materi dampak suatu Negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa , pentingnya hubungan internasional dan sarana-sarana internasional
o   Mengunakan pendekatan pembelajaran yang kontekstual serta menggunakan media pembelajaran
o   Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik dengan guru dengan mengunakan metode Tanya jawab dan diskusi
o   Melibatkan perserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
2.    Elaborasi
o   Membiasakan peserta didik membaca dan menulis pembelajaran melalui Tanya jawab dan diskusi
o   Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas untuk memunculkan gagasan baru secara lisan maupun tulisan
o   Memberikan kesempatan utnuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut dengan membahas materi
o   Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif dengan menampilkan hasil kerja siswa dalam menganalisis hubungan internasional dan organisasi –organisasi internasional
o   Memfasilitasi peserta didik berkompetensi secara sehat dalam menyelesaikan masalah atau tugas untuk meningkatkan prestasi belajar
o   Memfasilitasi peserta didik dalam menganalisis hubungan internasional dan organisasi – organisasi internasional
o   Memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasikan hasil kerja siswa dengan mengemukakan gagasan atau ide
o   Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebangaan dan rasa percaya diri peserta didik dengan memberikan penilaian / reward setiap pekerjaan siswa.
3.    Konfirmasi
o   Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik dalam mengerjakan tugas
o   Memberikan konfirmasi tarhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
o   Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman pengamalan belajar yang telah dilakukan
o   Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengamalan yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
c.    Penutup ( 20 Menit )
o   Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman pembelajaran
o   Melakukan penilaian atau refleksi
o   Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
o   Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedy atau pengayaan
o   Menyampaikan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya agar siswa bisa mempersiapkan diri untuk pembelajaran berikutnya
IX. Sumber dan Alat Belajar
1.    Buku pendidikan kewarganegaraan kelas XI penerbit : Erlangga
2.    Buku pendidikan kewarganegaraan kelas XI penerbit : Esis
3.    Model diskusi
X. Penilaian
1.    Penilaian afektif         : Penilaian terhadap sikap siswa yang diamati selama proses belajar         mengajar berlangsung
2.    Penilaian kognitif
    a. Tes lisan :
            - Tanya jawab secara langsung
            - Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan mengunakan alasan yang logis
            - Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
     b. Tes tulisan



Mengetahui                                           Pemeriksa                                 Palangki,           Januari 2014           K e p a l a                                                   Wakil Kurikulum                       Guru Mata Pelajaran

Drs.H.Syamsul Arifin                          Susy Novianti,S.Pd                  Lina Maya Sari, S.Pd
NIP. 196612011992031001                    NIP :197011161997032001         NIP :197801012005012013  


RANCANGAN PEMBELAJARAN PKN






RANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                  : Man Palangki Sijunjung
Mata Pelajaran                                 : Pendidikan kewarganegaraan
Kelas/semester                                : XII/ 1 (Ganjil)
Standar Kometensi                          :
1.      Menampilkan sikap positif terhadap pancasila dan sebagai ideologi terbuka
Kompetensi Dasar                           :
                                                           1.1. Mendiskrifsikan pancasila sebagai ideologi terbuka
                                                           1.2. Menganalisi pancasila sebagai sumber nilai dan
                                                                  Paradigma pembangunan
Indikator                                            :
Pertemuan I
·         Mendiskrifsikan makna pancasila sebagai dasar negara
·         Mengemukan proses perumusan pancasila sebagai dasar negara
·         Menguraikan fungsi pokok pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara
·         Mendiskrifsikan makna pancasila sebagai ideologi terbuka
Pertemuan II
·         Mendiskrifsikan pancasila sebagai sumber nilai
·         Mendiskrifsikan pancasila sebagai paradigma pembangunan
·         Menganalisis pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
Alokasi waktu                                  :  4x45 menit (2 kali pertemuan)




        I.            Tujuan pembelajaran                     :
·         Siswa dapat mendiskrifsikan pancasila sebagai ideologi terbuka, menganalis pancasila sumber nilai dan paradigma pembangunan serta siswa dapat menampilkan sikap pisitif terhadap pancasila sebagai ideologi terbuka.
      II.            Materi ajar( Materi pokok)
Pertemuan I
Pancasila sebagai ideologi terbuka:
o   Pengertian ideologi  negara
o   Makna ideologi negara
o   Proses perumusan pancasila sebagai dasar negara
Pertemuan II
o   Fungsi pokok pancasila
o   Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
    III.            Metode pembelajaran
Pendekatan analisis nilai
o   Diskusi
o   Tanya jawab
o   Tugas kelompok
o   Kooperatif teknik jigsaw
    IV.            Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal
o   Membuka pelajarandengan salam
o   Tanya   tentang pelajaran minggu lalu(review)
o   Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini
o   Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran
              B. Kegiatan inti
o   Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang siswa dinamakan kelompok kooperatif.
o   Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif yang terdiri:
Ø  Mendiskrifsikan pancasila sebagai ideologi terbuka
Ø  Mengemukakan proses perumusan pancasila sebagai dasar negara
Ø  Menguraikan fungsi pokok pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara
Ø  Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
o   Setelah melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara individual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisikan materi-materi yang telah didiskusikan
o   Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempersentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan
o   Guru sebagai fasilitator jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.


      V.            Kegiatan penutup
o   Guru memberikan penelusuran agar tidak terjadi kesalahan konsep
o   Guru bersama-sama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
o   Guru melakukan post tes secara lisan tentang materi yang dipelajari
o   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya.
o   Guru menutup pelajaran dengan salam
PERTEMUAN II
       A. . Kegiatan awal
o   Membuka pelajaran dengan salam
o   Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
o   Menyampaikan pokok materi pelajaran hari ini
       B. Kegiatan inti
o   Membagi siswa dalam 8 kelompok, masing-masing kelompok terdiri 4 orang anggota.
o   Guru memberikan tugas yang harus dikerjakan oleh masing-masing kelompok yaitu: yaitu berdiskusi hasil penggalian informasi makna pancasila sebagai ideologi terbuka”
o   Siswa maju kedepan untuk mempersentasikan hasil diskusi
o   Guru bersama siswa menympulkan hasil diskusi
o   Siswa menyerahkan laporan hasil diskusi secara tertulis kepada guru
       C. Kegiatan akhir
o   Guru memberikan penelusuran agar tidak terjadi kesalahan konsep
o   Guru melakaukan post test secara lisan tentang materi yang telah dipelajari
o   Guru menutup pelajaran dengan salam

VI.Alat dan sumber bahan
A.      Alat
o   Kertas beisikan undian
o   OHP atau laptop dan LCD
o   Televisi, gambar-gambar yang mendukung
B.      Sumber dan bahan
o   Buku kewarganegaraan untuk kelas XII untuk SMA, Earlangga, Jakarta
o   Drs. Encang iskandar M.Pd, dkk (2006), Pendidikan kewarganegaraan penerbit:PT Remaja posda karya, Bandung
o   Drs.H. Suardi abu bakar, dkk (2005), Kewarganegaraan 3, Penerbit Yudistira, Jakarta.
o   Lembar kerja siswa XII A
o   Artikel/berita dari media massa yang mendukung
VII. Penilaian
o   Tes tertulis berbentuk essay
o   Penilaian terhadap proses dan hasil presentasi siswa baik dalam kelompok masing-masing ataupun dalam diskusi kelas serta tanggung jawab individu terhadap kelompoknya.
o   Penilaian terhadap unjuk kerja berupa laporan tertulis


Palangki, Mei 2014
Mengetahui,
Kepala                                                                                                            Guru Mata Pelajaran


Rudianto, S. Pd, M. Mpd                                                                    Lina Maya Sari, S. Pd
Nip. 196910121997031004                                                                197801012005012013



 




 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar