1. PENDAHULUAN
1. DESKRIFSI
Nama modul : Melakukan
koneksi ke internet dan bekerja dengan internet
Komposisi :
·
Melakukan
instalisasi untuk koneksi internet
·
Mengoperasikan
penelusuran WEB
·
Mengoperasikan
perangkat lunak klien E-mail
Ruang lingkup :
·
Mempersiapkan
sarana koneksi internet
·
Pemilihan
dan penggunaan password
·
Setting
koneksi internet
·
Mengoperasikan
koneksi internet
·
Mempersiapkan
Web Browser
·
Mengenali
menu, mengakses URL, menyimpan file
·
Mengenali
objek dasar dan fitur
·
Mencetak
dan mencetak file hasil penelusuran
·
Memanfaat
mesin pencarian untuk mencari informasi di internet
·
Mempersipakan
perangkat lunak Email Client
·
Mengenali
menu, format alamat, Email dan konfirugasi sederhana
·
Mengambil,
membaca, membuat dan mengirim Email
·
Mencetak
dan menyiman email
·
Melakukan
pengorganisasian Email
Kaitan Modul : Modul ini merupakan modul yang harus dikuasi
oleh peserta didik
Hasil yang diharpakan: Setelah mempelajari modul ini peserta
didik diharapkan mampu:
·
Mengidentifkasikan
perangkat lunak koneksi internet
·
Mengoperasikan
dan menguji modem
·
Menyiapkan
jalur komunikasi telepon dial-up
·
Melakukan
setting agar modem dikenal oleh sistem operasinyang digunakan
·
Mendiskrifsikan
fungsi internet service provider ISP
·
Memilih
dan mendaftar pada ISP
·
Mengetahui
user account dan password yang akan digunakan
·
Mengisi
nomor akses ISP pada fasilitas perangkat lunak
sistem operasi untuk koneksi
·
Mengisi
nomor DNS ISP yang dituju
·
Menguji
koneksi internet melalui ISP yang telah ditentukan
·
Dapat
melakukan koneksi ke internet dengan model dial-up
·
Memutuskan
koneksi keinternet jika telah selesai
·
Mengisi
web browser
·
Memahami
dan menyediakan petunjuk dan penggunaan Web browser
·
Menyalakan
komputer dengan sistem dengan operasi persyarata sesuai instalisasi manual
·
Menjalankan
Web browaer
·
Mengenali
menu-menu yang disediakan beserta sourtcut-nya
·
Memahamai
format dasar URL
·
Melakukan
akses URL tertentu melalui isian dengan menu yang tersedia, serta penelusuran
melalui hyperlink
·
Mengelolah
penggunaan cookies
·
Menyimpan
file-file hasil penelusuran pada media yang tersedia
·
Mencari
informasi tertentu pada dekumen web menggunakan fasilitas yang tersedia
·
Mengetahui
alamath-alamat search engine populer
·
Memahami
kata kunci yang digunakan dalam proses pencarian
·
Mencetak
file dekumen hasil penelusuran
·
Menggunakan
fitur-fitur dasar pencetakan seperti page-setup, printer-setup, printirpreview
·
Mengoperasikan
sistem operasi sesuai dengan instructation manual
·
Mengetahui
populer tntang internet
·
Mengetahui
tentang kode etik penelusuran email
·
Mengoperasikan
non site tranaing sesuai dengan software yang digunakan
·
Mampu
berkomunikasi dengan menggunaan internet
1.2 Prasyarat
Untuk mempelajari modul ini peserta didik harus sudah
menyelesaikan. Modul tentang mengoperasikan PC stand alone dengan sistem
operasi berbasis GUI dan pengoperasian periperal.
1.3 Petunjuk pengunaaan Modul
Untuk peserta didik
·
Pembelajaran
yang digunakan sistem self basec learning atau sistem pembelajaran mandiri.
Diharapkan seluruh peserta didik dapat belajar secara aktif dengan mengumpulkan
berbagai sumber selain modul ini, misalnya melaui majalah, media elektronik,
melaui internet
·
Dengan
modul ini dituntut tersedianya bahan ajar yang melengkapi yang meliputi:
Ø Unit komputer yang siap digunakan
Ø Sistem operasi yang legal dan siap
digunakan
Ø Buku modul internet/koneksi internet
Ø SOP dalam menghidupkan dan komputer
Selanjutnya,
peran guru dalam proses pembelajaran adalah:
·
Membantu
peserta didik dalam merencaktakan proses
belajar, uamanya dala materi-materi yang relatif baru bagi peserta didik
·
Membimbing
peserta didik melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar
·
Membantu
peserta didik dalam memahami konsp praktek dalam modul ini dan menjawab
pertanyaan peserta didik mengenai proses belajar dan pencapaian jenjang
pengetahuan peserta didik
·
Membantu
peserta didik untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang
diperlukan untuk belajar
·
Mengorganesasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan
·
Merencanakan
seorang ahli/ pendamping guru dari dunia usaha untuk membantu jika diperlukan
·
Melaksanakan
penilaian
·
Menjelasakan
kepada peserta didik mengenai bahagian yang perlu untuk benahi dan merundingkan rencana pembelajaran
selanjutnya
·
Mencatat
pencapaian kemajuan peserta didik
1.4. Tujuan Akhir
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan
mampu:
1.
Memahami
konsep dasar koneksi internet
2.
Menguasai
pengetahuan populer tentang internet
3.
Mengetahui
tentang media tramisi koneksi internet
4.
Mampu
mengkoneksi internet koneksi internet
5.
Memahami
konsep dasar Web browser
6.
Dalam
mencari dan menyajikan informasi yang diperoleh melalui internet dengan
menggunakan Web browser
7.
Mengetahui
tentang kodek etik penulisan Email
8.
Mengetahui
cara membuat, mengirim dan membalas Email
9.
Mengoperasikan
ON site training sesuai dengan Software yang digunakan
1.5 Cek kemampuan
Apabila anda dapat menjawab seluruh soal di bawah ini,
berarti anda berhak untuk mempelajari modul berikutnya.
NO
|
SOAL
|
YA
|
TDK
|
1
|
Dapatkah anda mengenali perangkat unuk koneksi
internet
|
||
2
|
Dapatkah anda mensetting perangkat modem agar dapat
dikenali sisitem operasi
|
||
3
|
Dapatkan anda melakaukan operasi uji coba perangkat
modem
|
||
4
|
Dapatkah anda melakukan setting koneksi ke ISP yang
ada didaerah anda
|
||
5
|
Dapatkah anda melakukan koneksi dial-up dan memutuskan
koneksinya
|
||
6
|
Dapatkah anda mengoperasikan salah satu aplikasi Web
browser secara umum
|
||
7
|
Dapatkah anda melakukan pemanggilan terhadap suatu
alamat web tertentu
|
||
8
|
Dapatkah anda menyimapan file dan downlond file data
atau program melaui web browser
|
||
9
|
Dapatkan anda menyimpan alamat internet yang sering
dituju kedalam folder favotit
|
||
10
|
Dapatkah anda mencari sesuatu informasi melalui
alamat web browser
|
||
11
|
Dapatkah anda
mencetak halaman web baik keprinter atau hanya sekedar dilayar monitor
|
||
12
|
Dapatkan anda melakaukan pencarian informasi dengan
menggunakan search engine
|
||
13
|
Dapatkah anda membuat Email berbasis web pada suatu
halaman situs tertentu
|
||
14
|
Dapatkah anda menggunakan klien e-mail untuk
mengambil, membaca dan menerima e-mail
|
||
15
|
Dapatkah anda melakukan pengorganesasian e-mail
berdasarkan para meter yang ditetapkan dalam folder-folder
|
2.KEGIATAN BELAJAR I
2.1 Tujuan
Setelah mempelajari modul ini diharapkan siswa dapat :
·
Mengenali
komponen-komponen yang dipergunakan untuk melaksanakan hubungan dengan internet
·
Memasang
dan menginstal perangkat modem agar dapat dikenali oleh suatu sistem operasi
·
Memahamai
dan mampu mengkopigurasi perangkat kejasa penyedian layanan jasa internet
·
Menghubungkan
dan memutuskan koneksi internet
2.2. Pengantar internet
2.a Apa itu
internet
Internet merupakan
sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs. Internet menyediakan akses untuk layanan
komunikasi dan sumberdaya informasi untuk jutaan pemakainnya yang tersebar
diseluruh indonesia.
Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu
set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan
mengamati lalu lintas jaringan. Protokol mengatur format data yang diijinkan,
penanganan kesalahan , lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya.
Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer, tanpa
terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang
digunakan.
Layanan internet memperlihatkan perkembangan yang sengat
pesat, karena menawarkan beberapa daya tarik atau keunggulan dibandingkan media
lain. Keunggulan tersebut, antara lain:
1.
Komunikasi
murah
2.
Sumber
informasi besar
3.
Tantangan
baru untuk berusaha
4.
Keterbukaan
tanpa sensor
5.
Jangkauan
yang tidak terbatas
2.3. Kegunaan internet
Banyak kegunaan yang menguntungkan yang didapat dari
internet dalam semua bidang antara lain:
2.b. Internet sebagai media komunikasi
Beberapa
fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi sebagai
dibandingkan dengan media lain, informasi yang didapatkan lebih mudah, cepat
dan murah dengan jangkauan global. Hal ini didukung dengan fakta bahwa untuk
menjangkau penggunaan sebanyak 60 juta orang:
·
Butuh
30 tahun untuk radio
·
Butuh
15 thun untuk televisi
·
Butuh
3 tahun untuk Web
Dengan aplikasi
·
Email
·
WWW
·
News
group
·
FTP
Gopher
Bermunculan situs media on line
sehingga mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh:
·
Koran
masuk internet
·
Detik
·
Saturnet
·
CNN
·
Majalah,
brosur
2.c.
Internet sebagai media promosi diantarnya :
·
Image
Company
·
Pengenalan,
dan pemesanan produk
·
Registrasi
kalien
·
Jadwal
pengiriman
2.d.
Internet sebagai dia interaktif:
·
Email
·
Dukungan
pelanggan dengan WWW
·
Video
conferencing
·
Internet
relay chat
·
Internet
phone
2.4 Sejarah internet
Sebelum internet ada, pada tahun1969 membuat jaringan
komputer yang tersebar untuk menghindari terjadanya informasi terpusat, yang
apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Jika terjadi bahagian sambungan
terganggu secara otomatis dipindahkan kesambungan lainnya.
2.5. Pertumbuhan internet
Internet mempunyai
pertumbuhan yang sangat baik dan sangat pesat. Dari data statistik yang
didapat sebagai berikut:
·
3
juta host sudah terkoneksi diakhir tahun 1994
·
Populasi
30 juta pengguna
·
Pertumbuhan
10% tiap bulan
·
Email
mendominasi 75% hubungan bisnis
2.6. Koneksi internet
·
Siapkan
seperangkat PC
·
Modem
·
Koneksi
ke internet melalui penyediaan layanan akses internet
2.7. Pengertian modem
Modem adalam mempunyai fungsi untuk mengkonversikan
data digital ke data analog dari komputer pengguna kekomputer server melalui
jaringan telpondan sebaliknya.
2.8. Mengoperasikan koneksi internet
Untuk memulai akses ke internet pada windows 98
dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:
·
Klik
star, programs, acessories, comunications, dial-up networkking
·
Klik
dua kali pada shoutcut telkomnet yang telah dibuat
·
Isi
user name dan password pada halaman dialog box.
2.11. Tugas halaman kegiatan I
1. Coba anda ilustrasikan bagaimana komputer anda terkoneksi dengan
internet?
2. Tuliskan 5 dari manfaat koneksi
internet?
3. Tuliskan dampak negatif yang
diakibadkan dari adanya koneksi internet menurut anda?
3. KEGIATAN BELAJAR 2
3.1. TUJUAN
Pada kegiatan belajar kali inianda memiliki pemahaman
dan penguasaan terhadap materi sebagai berikut:
1.
Pengenalan
penelusuran Web
2.
Menjalankan
dan mengenal area kerja internet explorer
3.
Memahami
alamat internet Hyperlink
4.
Memahami
cookies dan pengelolahannnya
5.
Menyimpan
file halaman web dan donwlond
6.
Mencari
informasi pada halaman web
7.
Menggunakan
favorities internet exsplorer
8.
Mencetak
file hasil browsing
3.2. Pngenalanan dan penelusuran Web
Dewasa ini internet bukan merupakan sesuatu yang aneh
di masyarakat, karena penggunaan internet sebagai media komunikasi massa sudah
hampir kita temui dimana-mana.
Untuk dapat menjelajaji internet tersebut diperlukan
sebuah software yaitu sebagai web browser. Beberapa software yang sering
digunakan diantaranya:
1.
Internet
Explorer
2.
Netscape
navigator
3.
Mozilla
4.
Opera
3.3. Menjalankan dan mengenal area kerja internet
Internet Explorer adalah sarana salah satu web browser
yang sangat terkenal dan banyak digunakan untuk menjalankan internet, Explorer
tidak berbeda dengan software lain.
3.4. Memahami alamat internet dan Hyperlink
a.
Alamat
internet
Alamat internet sebuah web kadang disebut URL yang biasanya
terditi 4 bahagian:
ü Nama protokol
ü Lokasi dari situs, contohnya WWW
ü Nama organesasi yang mengatur situs
ü Sebuah aakhiran yang
mengidentifikasikan jenis dari organesasi.
b.
Hyperlink
Didalam situs web biasnya anda akan
melihat teks yang warnannya berbeda, bergaris bawah atau berada dalam kotak.
Itulah yang disebut hyperlink atau link.
Jika bahagian di klik, anda akan
dibawa kehalaman web lainnya kita akan mengetahui bahwa teks tersebut aktif
karena jika melawatkan pointer itu berubah menjadi poiting finger.
3.5. Memahami cookies dan pengelolahannya.
Ø Cookies adalah file teks yang
diciptakan oleh situs internet untuk menyimpan informasi dikomputer anda,
informasi itu seperti preperensi ketika anda mengunjungi situs trsebut.
Cookeies juga bisa saja menyimpan informasi pekerjaan anda atau hanya sekedar
menyimpan rekaman halaman apa saja pada halaman situs.
Ø Mengendalikan cookies
Cookies dapat dikendalaikan dalam
internet Explorer dikarenakan hal ini berkaitan dengan privasi pengguna
internet, caranya:
1. Di internet Explorer, klik menu
tools lalu pilih internet options
2. Pada teb privasi, gerakan
slider keatas atau kebawah untuk
meningkatkan level privasi atau merendahkannya.
Ø Menghapus cookies
File-file cookies yang ada dalam
komputer anda akan dihapus dengan cara
sebagai berikut:
1. Di internet Explorer,klik menu
tools lalu pilih internet options
2. Pada tab general , klik setting,
klik view files
3. Pilih file cookies yang ingin
dihapus
3.6. Menyimpan file halaman web dan download
Ø Menyimpan halaman web
Halaman web adalah internet eksplorer
dapat disimpan kedalam file dikomputer anda. Ini bertujuan nantinya halaman web
tersebut dapat dibuka kembali tanpa melakukan koneksi ke internet
Langkah-langkah:
1. Diinternet Explorer, klik menu
files lalu pilih save as
2. Tentukan lokasi penyimpanan dalam
save in
3. Pada kotak teks file name ketik
halaman web telah telah tersedia, klik save untuk memulai menyimpan
Ø Donwnload
Donwlond adalah proses pengambilan
informasi berupa file, data atau program yang disediakan oleh sebuah situs web
dan menyimpannya kedalam komputer
3.7. Mencari informasi pada halaman web
Keinginan untuk mencari informasi berupa kata atau
kalimat dalaman halaman web bisa diwujudkan lewat internet Ex
plorer dengan fasilitas search dan find.
3.8. Menggunakan favorites internet Explorer
Saat membuka suatu situs web, anda dapat menyimpan
alamat web yang menarik, atau yang sering anda kunjungi kedalam suatu fungsi
pada internet Explorer yang biasa disebut dengan favorites.
Favorites pada dasarnya adalah folder tempat menyimpan
kumpulan alamat web, dimana dalam folder tersebut anda bisa mengorganesasikan
isinya seperti membuat dan memindahkan folder baru, merubah nama, atau enyimpan
isi di dalamnya.
3.9. Mencari file hasil browsing
Halaman web dapat langsung anda cetak dengan langkah
sebagai berikut:
·
Pilih
menu file pada menuber kemudian klik print
·
Setelah
itu akan tampil kotak dialog print
·
Anda
dapat memilih jenis printer yang akan digunakan serta jumlah dan halaman yang
akan diprint pada select printer
·
Kemudian
klik button print pada bahagian bawah kotak dialog untuk mencetak file
3.10. Tugas kegiatan belajar 2
1.
Diskusikan
dengan rekan anda fasilitas apa saja tersedia dalam program web browser
internet Explorer dan lakukan percobaan pada fasilitas-fasilitas yang ada
2.
Carilah
bahan atau panduan untuk menapatkan tips dan trik pemakaian web browser
melakukan penelusuran web
3.
Coba
gunakan alternatif program web browser selain internet Explorer seperti
netscapenavigator, mozila, opera, amati kesamaan dan perbedaanya kelebihan dan
kekurangnya
4.
Cobalah
downlond data atau program dari situs web yang mengandung link downlond. Amati
baik-baik proses downlond yang langsung pada komputer
5.
Tambahkan
alamay web yang sering
c.
Anda kunjungi ke dalam folder favorietes dan
coba organesasikan sebaik mungkin
3.11. Tes formatif kegiatan 2
1.
Coba
sebutkan program penelusuran web apa saja yang ada
2.
Didalam
area kerja internet Explorer bahagian-bahagian apa saja yang terdapat di
dalamnya
3.
URL
umumnya memiliki 4 bahagian sebutkanlah masing-masing bahagian dan
pengertiannya
4. KEGIATAN BELAJAR 3
4.1 Tujuan
Pada kegiatan belajar
ini, anda akan mepelajari tentang bagaimana mencari web dengan cepat dan memanfaatkan
search engine. Mengenal beberapa mesin pencari web dan dapat menggunakannya.
4.2. Mencari Web dengan
menggunakan Search Engine
Karena begitu banyak
web dan situs pada masa sekarang maka akan membutuhkan suatu alat untuk
melakukan alat untuk melakukan pencarian situs atau web tersebut. Alat ini
dikenal dengan istilah search engine berikut kita kan berkenalan dengan
beberapa engine yang sangat terkenal.
Perlu diingat ketika
anda akan melakukan pencarian anda minimal mengenal satu suku kata dari web
yang akan anda cari hal ini akan mempermudah pencarian dan mempercepat
pencarian dan meminimalisasi pencarian web-web yang akan diharapkan.
1. Menggunakan Searech engine altavista
Berikut ini memperkenalkan pertama kali dengan search engine altavista. Marikita
masuk kehalaman mesin pencari kita
dengan mengetik pada adress bar yang disediakan oleh web browser setelah itu
tekan enter atau klik tombol go maka akan muncul gambar.
2. Web search melalui go/infoseek
3. Web search melalui Excite
4. Web search melalui yahoo
5. KEGIATAN BELAJAR 4
5.1. Tujuan
Pada kegitan belajar
ini, anda akan mempelajari tentang bagaimana mendapatkan account pada salah
satu penyedia layanan email dan diharapkan anda bisa menggunakan email .
5.2. Web Email
Aplikasi Email berbasis
web internet Explorer, netscape, opera antara plasa, yahoo, graffiti, hotmail,
dan sebagainnya.
Langkah-langkah:
1. Nyalakan komputer
2. Aktifkan internet browser dari start
3. Masuk kedalam situs internet
Ada 3 pilihan:
1.
Free yahoo mail
2.
Yahoo mail plus
3.
Order personal adress
5.3. Mengisi email
Untuk mengecek E- mail
ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1. Masukkan halaman situs internet
2. Maka akan keluar menu
3. Ketik yahoo ID dan juga Password
4. Klik tombol Sign in
5.4. Membaca dan
membalas Email
1. Setelah inbox email anda terbuka pilih dan klik email yang akan dibaca
dengan memilih salah satu subject yang ada
2. Amati dan baca email tersebut, jika anda mau membalas email tersebut
tekan tombol tanpa harus mengisi kembali alamat email yang dituju
3. Tulis isi surat anda dan jika yakin benar tekan tombol
5.5. Berbagung dengan
Mailing list
Mailing list adalah
salah satu wadah untuk menjalin komunikasi dalam sebuah komunitas, yang
keanggotanya ada yang bersipat terbuka ada pula tertutup Contohnya Mailing List
Dikmenjur:
Mailing list untuk
komunitas pendidikan menengah kejuruan pusat pengembangan dan penataran guru.
Cara bergabung dengan
mailing list yaitu:
·
Subscribel mendaftar pada salah sati
group atau lebih
·
Ikuti petunjuk dari administrator
dari group yang bersangkutan
5.6.Tas kegiatan
belajar 3
1. Buatlah satu account di mail yahoo
2. Cobalah kirim email ke salah satu email teman anda
3. Satu email kebeberapa teman anda dengan cara attacchment dari microsoft
exsel
5.7. Tes formatif
kegiatan 2
1. Apakah yang dimaksud dengan mailing list?
2. Apakah yang dimaksud de To pada waktu membuka form untuk mengirim email
3. Apakah isi dari inbox pada email?
6. KEGIATAN BELAJAR 5
6.1 Tujuan
Pada kegiatan belajar
ini anda akan mempelajari tentang mengoperasikan perangkat lunak klien e-mail.
Sebagai sebuah perangkat yang berfungsi untuk melakukan pengiriman pesan dan
penerimaan pesan lewat jasa internet.
Email merupakan suatu
proses dan cara pengiriman pesan atau gambar melalui internet. Yang kita
lalukan bila kita berkomunikasi menggunakan e-mail adalah mengetikkan pesan
yang akan kita kiriman pada program komputer yang dikhususkan untuk keperluan
ini.
1. Anatomi alamat Email
2. Ariasi bentuk komunikasi dengan email
6.2. Etika penulisan
Email
Nettiquette, adalah
etika dalam berkomunikasi melalui email. Seperti halnya berkomunikasi melalui
surat atau bertatap muka. Berkomunikasi dengan email butuh tata cara sendiri.
Bisa dibayangkan hampir setiap hari ada jutaan email dikirim dan diterima oleh begiti
banyak orang.
Maka salah satu kita,
bisaberarti fatal. Tapi memang sangat menyebalkan. Jika kita menerima pesan
yang akan kita kirim, atau menjawab pertanyaan panjang kita. Untuk mencegah hal
itu terjadi, ada baiknya kita mengetahui beberapa diantaranya:
1. Jangan terllu banyak mengutif
2. Perlakukan email secara pribadi
3. Jangan gunakan hurup kapital
4. Jangan membicarakan orang lain
5. Jangsn gunakan CC
6. Jangan gunakan format HTML
7. Jawablah secara masuk akal
6.3. Perangkat lunak
klien Email
Ada beberapa aplikasi
email client seperti Eudora, Netscape, Masangger dan aplikasi client email
lainnya yang digunakan. Untuk unit kompetensi ini perangkat lunak standar yang
dijelaskan adalah Ms Outlook.
·
Pengenlan Outlook
·
Email accounts
·
Menambah alat email ke Outlook
address book
·
Membaca file attachment
·
Mengirim email
·
Pemakaian group
·
Mengirim Attacments
·
Membalas pesan
·
Password pesan
·
Pemakaian signature
·
Mencetak email
6.5 Tugas kegiatan
belajar 5
1. Diskusikan dengan rekan anda fungsi printi lunak klien email
2. Diskusikan dengan temana anda tentang jenis-jenis perangkat lunak klien
email
3. Bukanlah aplikasi Ms. Outlook kemudian lakukan proses pengiriman pesan
dan pembacaan pesan
6.6. Tugas formatif
kegiatan belajar 5
Selesaikanlah soal
teori berikut ini:
1. Gambar amplop terbuka
yang terdapat pada inbox pada Ms Outlook mengandung arti:
a. Pesan baru
b. Pesan terhapus
c. Pesan telah dibuka
d. Pesan sedang dibuka
e. Pesan tersebut perlu dihapus
2.Gambar paperclip
disebelah pengirim pada inbox Outlook menunjukan bahwa:
a. Pesan yang diterima tidak lengkap
b. Pesan yang diterima tidak terjawab
c. Pesan yang diterima segera dibalas
d. Pesan yang diterima berisikan lampiran
e. Pesan yang diterima tidak perlu dijawab
3. Jika kita mengirim pesan kepada seseorang,
tetapi ingin juga memberikn copy pesan pada orang lain, maka cantumkan alamat
emailnya, maka cantumkan alamat emailnyake kolom...selain pada kolom to
a. Cc
b. Cb
c. Bc
d. Bb
e. Tc
4. Bila kita
menyertakan sebuah file pada pesan di Ms Outlook, maka nama file tersebut akan
disimpan pada kotak isian..
a. Attach
b. Subject
c. CC
d. To
e. Set to
5. Fasilitas Outo of
office assistant pada Ms Outlook menyediakan fasilitas untuk..
a. Membalas secara otomatis email yang datang
b. Menympan pesan yang datang
c. Mencetak pesan yang diterima secara otomatis
d. Menghapus pesan secara otomatis
e. Mensortir secara otomatis alamat si pingirim pesan
6. Perintah farward
pada Ms Outlook, kecuali,..
a. Meneruskan pesan yang diterima kepada orang lain
b. Membatalkan pengiriman pesan
c. Menyimpan pesan
d. Menyalin pesan
e. Mengedit pesan
7. Berikut ini
merupakan perintah menu yang terdapat pada kotak dialog page setup di Ms
Outlook, kecuali..
a. Sheet
b. Format
c. Header
d. Paper
e. Column headings
8. Tanda tangan
elektrik yang ada Ms Outlook disebut...
a. Signature
b. Sign email
c. Address email
d. Attachement
e. Intlaing
9. Untuk menyertakan
file lain ke dalam email pada menu inboox yang akan dikirim terlebih dahulu
kita klik...
a. Insert
b. File
c. Find
d. Tool
e. Action
10. Fasilitas untuk
mengecek e-mail yang ada pada kotak e-mail adalah...
a. Chech mail
b. Attacment
c. Compose
d. Send
e. Search mail
7.KEGIATAN BELAJAR 6
7.1 Informasi umum
tentang jardiknas
Jardikanas adalah singkatan dari jenjang pendidkan nasional,
yang secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut:
a. Informasi and comunicationtechlogy pendidikan nasional
o
Integrasi ICT dalam pembelajaran
o
Pemanfaatan ICT dalam pengelolahan
manajemen pendidikan
o
Pemanfaatan ICT dalam berbagai
kegiatan pendidikan
b. Manfaat ICT pada pendidikan nasional
o
Peningkatan kecepatan layanan
informasi yang integrasi, interaktif, lengkap, akurat dan mudah didapat
o
Memberikan pelayanan data dan informasipendidikan
secara terpadu
o
Menciptakan budaya transparan dan
akuntabel
o
Merupakan media promosi bagi
pendidikan
o
Meningkatkan komunikasi dan interaksi
baik secara lokal maupun internasional
o
Mengakses berbagai bahan ajar dari
seluruh dunia
o
Meningkatkan efisensi dari berbagai
kegiatan pendidikan
c. Jardikanas merupakan wide area network pendidikan skala nasional yang
terdiri dari 4 zona jaringan, meiputi:
o
Jardiknas kantor dinas
o
Jardiknas pergurun tinggi
o
Jardiknas sekola
o
Jardiknas guru dan siswa
d. Fungsi dan pemanfaatan Jardiknas
o
Jardiknas kantor dinas
o
Jardiknas perguruan tinggi
o
Jardiknas sekolah
o
Jardiknas guru dan siswa
DAFTAR PUSTAKA
4.Kkpi Dikmanjur edisi
II, melakukan koneksi ke internet dan bekerja dengan internet, tim pengembangan
teknologi informasi dikmenjur Diknas, 2005
5. Pengenalan internet
unit bisnis internet-drive V, PT telekomunkasi indonesia.TBK
Materi
Melakukan koneksi
internet dan bekerja dengan internet
e.
f.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latarbelakang
Warna
merupakan respon pemicu dari suasana hati yang begitu mendarah daging. Warna
merupakan properti yang paling penting
yang melatarbrlakangi dari berbagai elemen-elemen. Warna juga digunakan sebagai
alat komunikasi selama berabad-abad. Dalam dunia cetak warna telah banyak
bermanfaat yang tak ternilai dan berlimpah, tetapi juga sayangnya mahal dan
fleksibel. Dengan demikian, warna web memiliki keuntungan yang berbeda atas dicetak
warna, karena warna web gratis.Selain itu web, dapat memodifikasi warna lengkap
dan mudah sesauai dengan kemauan tanpa memperhatikan biaya.
Warna dapat
diposting dalam menghiasi blog tentu saja selalu banyak ada banyak cara yang
unik dan menarik dan berbeda, salah satunya dengan memasang latar belakang yang
dipostingkan.
B.
Tujuan penulisan
1.
Untuk mengetetahui teori warna
2.
untuk mengetahui definisi warna untuk web
3.
Kita dapat memilih skema warna untuk web
4.
Untuk memberi warna pada web dan aksesibilitas
C.
Manfaat
1.
Memberikan pengetahuan kepada penguna web
tentang teori-teori
warna
untuk web
2.
Pengetahuan dan keterampilan tentang warna untuk
untuk web
3.
Membantu mahasiswa dan pengguna web untuk
memberikan pengetahuan tentang warna
yang baik untuk web.
BAB II
PEMBAHASAN
A. warna
1. Teori warna
Warna adalah suatu proses yang terjadi
dimana cahaya mengenai suatu benda. Setiap orang pasti menyukai warna karena
kehadiran warna mampu memberikan keindahan dan nilai estetika. Selain itu,
warna juga dianggap memiliki pengaruh terhadap psikologi seseorang. Berikut
merupakan teori-teori warna menurut beberapa ahli:
a. Teori Sir Isaac newton
Newton melakukan percobaan dan
menyimpulkan, apabila dilakukan pemecahan warna spektrumdari sinar matahari,
akan ditemukan warna-warna yang beraneka ragam yang terdiri dari merah, jingga,
kuning, hijau, biru dan ungu. Warna-warna tersebut dapat kita lihat dalam
pelangi
b. Teori Brewster
Pada teori ini dinyatakan dalam 4 kelompok
warna yaitu:
-
primer,
merupakan warna dasar yang tidak merupakan campuran warna-warna lain. Warna
yang termasuk dalam golongan primer merah, biru,dan kuning
-
Warna sekunder
Merupakan hasil campuran warna –warna
primer dengan proporsi 1:1 misalnya jingga merupakan hasil campuran warna
merahdengan kuning, hijau adalah campuran biru dan kuning, dan unggu campuran
merah dan biru.
-
Warna
tersier
Merupakan campuran salah satu warna primer
dengan salah satu warna sekunder. Misalnya warna jingga kekuningan didapat dari
pencampuran warna kuning dan jingga.
-
Warna
netral, warna netral merupakan hasil campuran dari ketiga warna dasar dari
proporsi 1:1:1 warna ini muncul sebagai warna penyeimbang warna-warna kontras
di alam. Biasanya campuran yang tepat akan menuju hitam.
c. Teori Munsell
Munsell menyelidiki warna dengan standar
warna untuk aspek fisik dan fsikis. Munsell mengatakan warna poko terdiri dari
merah, kuning, hijau, biru, dan jingga. sedanKan warna sekunder terdiri dari
warna jingga, hijau muda, hijau tua, biru tua, dan nila.
Menurut teori warna dapat dibagi atau
dikategorikan menjadi warna keras (hangat), lembut (dingin), dan muda (pucat).
Karakteristik warna:
-
Warna
terang (disukai oleh muda-mudi, membuat kemasan menjadi lebih besar dan lebih
dekat kemata, sehingga sangat disukai pada aplikasi penngemaan).
-
Warna
keras/hangat ( termasuk didalamnya adalah warna merah, orange, sehingga sangat
tepat diaplikasikan pada media yang menuntut perhatian lebih)
-
Wat/
dingin ( termasuk didalamnya adalah warna hijau dan biru, warna ini kurang
dinamis bila dibandingkan dengan warna keras, namun cocok digunakan
untuknproduk-produk tertentu).
-
Warna
muda/pucat ( tanpa ringan dan kurang berdaya bagi muda-mudi, jarang
direkomendasikan untuk kemesan, kecuali untuk kondisi tertentu).
-
Warna
medium ( sifatnya umum dan sangat serasi bila dikomposisikan dengan warna yang
dinilai pantul lebih tinggi).
-
Warna tua
(memiliki nilai pantul paling rendah dan harus dikomposisikan dengan warna yang
dinilai pantulnya tinggi, serta bila dipajang
pada rak penjualan harus dengan latarbelakang yang kontras dengan
penerangan yang cukup agar mudah terlihat).
2.
Definisi
warna untuk web
a. Warna
merupaka unsur yang sangat penting dalam desain grafis. Warna memegang peranan penting dalam desain grafis oleh karena itu
kita harus mengerti warna, jangan kita salah warna misalnya membuat website
untuk perbangkan tetapi menggunkan warna dominan warna hitam. (bisa-bisa
pelanggan ragu dan tidak percaya karena kurang pas, tema hitam cocok untuk
website games, hocking tool, website photo, gallery, photo slide). Jadi hindari
dari kesalahan dalam pemilihan warna.
Dalam pelajaran disekolah pengertianm warna
adalah sebuah spektrum tertentu yang terdapat dalam cahaya yang sempurna/putih.
Dalam dunia desain, warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang
dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat dipermukaan benda. Misalnya pencampuran
pigmen magenta dan cyan dengan proporsi tepat dan disinari cahaya putih
sempurna akan menghasilkan sensasi mirip warna merah.
b. Menurut pengertiannya warna dapat
dikelompokan menjadi:
-
Warna
netral
Warna netral adalah warna-warna yang tidak
lagi memiliki kemurnian warna atau dengan kata lain bukan merupakan warna
primer maupun warna sekunder. Warna ini merupakan campuran ketiga komponen
warna sekaligus, tetapi tidak dalam komposisi tepat yang sama.
-
Warna
kontras atau komplementer
Warna yang kesan
berlawanan satu dengan yang alainnya, Warna kontras didapat dari warna yang
berseberangan terdiri dari warna primer dan warna sekunder. Tetapi tidak
menutup kemungkina pula membentuk
kontras warna dengan menolak nilai ataupun kemurnian warna. Contoh warna
kontras adalam merah dan hijau, kuning dengan ungu dan biru dengan jingga.
-
Warna
panas
Adalah kelompok warna dalam rentang
setengah warna dalam lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning. Warna ini
menjadi simbol riang, semangat, marah. Warna panas mengesankan jarak yang
dekat.
-
Warna
dingin
Adalah sekelompok warna dalam rentang setengah lingkaran warna mulai hijau
hingga unggu. Warna ini merupakan simbol kelembutan, sejuk, nyaman, warna ini
mengesankan jarak yang jauh.
3. Memilih skema warna
Skema warna dilakukan untuk embangun daya
tarik, suasa hati, dan suasana untuk situs adalah untuk memmilih skema warna
yang tepat. Warna juga n emosi dalam dapat membangkitkan asosiasi tertentu dan
emosi dalam pikiran kita.
Berikut ini ada ringkasan dari beberapa
asosiasi dari dunia barat:
·
Kuning
Ceria, cerah, bahagia, bercahaya, intens
·
Orange
Energik, ceria, bercahaya, vital, ceria,
lucu, bahagia, komedi, meriah, keras, populer dengan anak-anak
·
Red
Perhatian energik, menarik, berani, panas,
agresif, dinamis, berapi-api, interns, bergairah, seksi, berdarah, perinatan,
marah, nsombong,. Ketika diperdalam dalam nuasa dan nada: kaya, subur, elegan,
halus. Ketika meringankan untuk pink: mengejutkan, energik, muda, trendi,
bersemangat.
·
Purple
Yang kaya, elegan, kreatif, spritual,
percaya diri, eksentrik, sensual, berani, futuristik, ketika diperdalam kegelap
ungu: agung, megah. Ketika untuk meringankan untuk lavender: lembut, manis,
sopan, nostalgia, halus.
·
Biru
Tenang, damai, mediasi,dapat diandalkan,
tradisional, bersih, segar, dingin, mengacu pada langit dan air, ilahi, sedih.
Jika diperdlam blues gelap: kuat otoriter, kreadibel. Ketika meringankan blue
pucat: lembut, tenang. Ketika diwarnai dengan hijau: kaya, unik, kelas atas,
menarikbagi kedua jenis kelamin.
·
Hijau
Alami, segar, bersih, penuh harapan , muda,
melimpah, kelahiran kembali, musim semi, menenangkan, dingin, bersih, yang
berhubungan dengan hutan.
·
Brown
Tahan lama, bersahaja, pedesaan, organik,
sehat, etnik, besar, padat, handal, stabil, kuno, permanen, menjemukan, kotor,
·
Putih
Murni, bersih, suci, polos, cerdas,
kejelasan, higienis, sehat, dingin, minimalis.
·
Black
Kecanggihan, keanggunaan, Dramatis,
misterius, kuat, bergaya, murah menyenangkan, Firasat, kematian, defresi, putus
asa, rasa takut.
Berikut ini macam-macam skema
a. Skema warna monokromatik
Dalam skema monokromatik dibuat dengan
menggunakan satu warna yang samapada
roda warna dalam beberapa shades (gelap), tints (terang), atau tones akan
memberikan penampilan yang berbeda pada kombinasi warn monokromatik. Shades
adalah warna murni atau hue yang dicampurkan warna hitam. Tints adalah warna
murni atau hue yang dicampurkan dengan warna putih. Tones adlah warna murni atau hue yang
dicampurkan dengan warna abu-abu. Warna ini memberikan kesan bersih dan elegan.
b. Skema warna komplementer
Dalam skema ini, semua warna yang digunakan
adalah warna saling berlawanan pada roda warna. Mata manusia cendrung tertarik
pada sesuatu dengan warna komplementer. Ketika ingin merancang lure.
(unpan palsu) untuk dijual komersil dicat
dengan warna komplementer (ungu dan kuning), dan menempatkan unpan monokromotik
disamping umpa mungkin komplementer dalam satu rak, para pembeli/pemancing
mungkin lebih tertarikpada unpan dengan warna parlementer (dengan asumsi
pengerjaan cat yang baik)
c. Skema warna Analog
Skema warna analog menggunakan satu warna
pada roda warna dan dua warna disebelahnya. Salah satu contoh skema warna
analog hangat (merah ,orange, dan kuning) atau dingin (biru, ungu dan hijau).
Pendekatan skema warna analog yaitu memilih
warna 3 sampai 5 warna yang berdekatan satu sama lain dalam diagram roda warna.
Skema analog yang paling terkenal adalah yang digunakan pada umpan klasik
“firetiger” pola yang terdiri dari warna hijau terang, kuning, dan orange.
d. Skema warna Triadic
Skema warna triadic memiliki
kombinasi tiga hue yang relatif berjarak sama dalam calor whell.Warna hue terdiri
dari warna merah, kuning, biru. Warna kuning pada kulit menggambarkan
kehangatan ditunjang dengan warna merah pada latar yang memperkuat gambar
memiliki sifat yang panas. Warna biru pada pakaian yang bersifat dingin
memecahkan suasana panas pada gambar tersebut. Dari ketiga kombinasi hue pada
gambar , tersebut menimbulkan kesan yang dinamis. Jadi sebuah segitiga sama sisi dirarik diatas roda warn,
sudut yang akan menyentuh dianggap warna triadic, seperti warna sekunder dan
warna tertier.
e. Skema warna hangat
Skema warna hangat merupakan variasi analog
berdasarkan kuning, jeruk, dan merah. Pada warna ini merupakan kombinasi warna
yang hangat, nyaman, dan mengundang. Warna hangat muncul untuk maju, warna ini
lebih dekat dengan penonton.
4. aksebelitas
a. Pengertian aksebilitas
Adalah kemampuan suatu sistem untuk
digunakan oleh orang yang menilai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Sedangkan pengetian aksebilitas secara umum
yaitu sistem harus dirancang agar dapat digunakan oleh hampir tak terbatas
janngkaan orang, pada dasarnya siapa saja
yang menginginkan untuk menggunakannya.
b. Desain aksebilitas halaman web
Dari situas desain aksebilitas halaman wab,
dapat ditinjau dari berbagai hal, yaitu:
1. Halaman
-
Menyediakan
layout yang sederhana dan konsisten
-
Menyediakan
informasi yang sangat penting pada bahagian atas halaman
-
Dapat
diatur karakter, warna, dan lain-lain.
2. Kontrol
Menyediakan tombol yang berukuran besar
3. Link
-
Menyediakan
headling yang diskriftif
-
Memisahkan
beberapa link
4. Tabel dan freme
Gunakan dengan efisien dan berikan akses
untuk mengambil item pada tabel
5. Gambar
-
Berikan
keterangan
-
Menyediakan link untuk penjelasan mendetail
6. Suara
-
Keterangan
atAU POP-UP
-
Keterangan
berupa teks
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Warna
merupakan respon pemicu dari suasana hati yang begitu mendarah daging. Warna
merupakan properti yang paling penting
yang melatarbrlakangi dari berbagai elemen-elemen. Warna juga digunakan sebagai
alat komunikasi selama berabad-abad. Dalam dunia cetak warna telah banyak
bermanfaat yang tak ternilai dan berlimpah, tetapi juga sayangnya mahal dan
fleksibel. Dengan demikian, warna web memiliki keuntungan yang berbeda atas dicetak
warna, karena warna web gratis.Selain itu web, dapat memodifikasi warna lengkap
dan mudah sesauai dengan kemauan tanpa memperhatikan biaya.
DESAIN KURIKULUM
1. PENDAHULUAN
Konsep desain kurikulum difocuskan
cara membuat, terutama bahagian dari rencana kurikulum. Komponen atau
elemen rancangan kurikulum diantarannya:
(1) tujuan dan sasaran,
(2) materi pelajaran,
(3) pengalaman belajar,
(4 )pendekatan evaluasi.
Rencana
kurikulum yang paling menilai
desain harus mempunyai elemen penting,
tetapi sering kali mereka tidak diberi bobot penting, sementara isi
atau materi pelajaran merupakan yang utama tetapi, kadang –kadang
sekolah menciptakan desain yang menekankan tujuan dan pendekatan evaluasi. Ada
juga b eberapa desain memberikan pengalaman atau kegiatan belajar.
II . PEMBAHASAN
2.1. Komponen desain
Pertimbangan dalam membuat kurikulum terdiri dari 4 komponen: (1) materi yang harus disertakan, (2) strstegi
pembelajaran, (3) sumber daya dan
kegiatan, (4) metode dan instrumen yang digunakan untuk menilai hasil kurikulum.
Menurut Giles 4 komponen tersebut, berinteraksi satu sama
lain, keputusan yang dibuat tergantung keputusan yang dibuat .
Desain kurikulum melibadkan berbagai
masalah filosopi atau teori maupun isu-isu praktis . sikap praktis seseorang
akan berdampak pada penafsiran dan
penilaian sasaran, bagaimana mengatur, danbagaimana mempengaruhi keputusan tentang bagaimana teknologi menyampaikan isu
kurikulum, dan penilian serta mengevaluasi
kurikulum yang dikembangkan
2.2. Sumber desain
kurikulum
Menurut Ronald doll Menjelaskan 4 sumber ide desain kurikulum : (1) ilmu
pengetahuan, (2) masyarakat, (3) vertikal kekal, (4) kehendak ilahi. Sumber ini
agak mirip dengan sumber kurikulum yang diidentifikasi oleh Deway dan Bode yang dipopulerkan tyler yaitu pengetahuan, masyarakat, dan pelajar. Orang
memandang ilmu pengetahuaan sebagai sumber kurikulum yang tergantung pada
metode ilmiah untuk menentukan kebenaran masyarakat sebagai sumber. Desain
kurikulum mendukung masyarakat sebagai sumber kurikulum. Percaya bahwa sekolah
merupakan agen untuk menerima ide dan menganalisis sosial.
Menurut Abadi dan ilahi menganggap
bahwa faktor mendasar untuk desain
kurikulum , terkait dengan kebenaran abadi. Sedangkan Herbert Spencer menempatkan pengetahuan dalam kerangka
kurikulum , mereka juga menempatkan pengetahuan merupakan pusat dari sumber
utama. Desain kurikulum terdapat diorganesaisi demensi horizontal dan vartikal.
Organesasi horizontal melibadkan pekerja kurikulum dengan konsep ruang lingkup
dan integrasi yaitu pengaturan sisi dan
elemen kurikulum, contohnya pengaturan konten dari mata pelajaran terpisah
antara sejarah , antropologi, dan sosiologi. Sedangkan mengambil konten dari
satu pelajaran seperti matematika. Sedangkan organesasi vertikal berpusat pada
konsep urutan dan kontinuitas misalnya dalam matematika konsep set
diperkenalkan dikelas satu kemudian diperkenalkan ditiap tingkat.
2.3 Dimensi desain
Seperti yang telah dicatat, desain kurikulum adalah pernyataan mencatat hubungan
yang ada antara komponen-komponen atau
elemen kurikulum. Desain kurikulum
melihatnya pada beberapa demensi, ruanglingkup, integrasi, urutan, kontinuitas,
artikulasi dan keseimbangan.
1. Ruang lingkup
Ketika
mempertimbangkan desain kurikulum , pendidik harus mengatasi luas dan kedalaman
konten. Galen saylor menyatakan yang termasuk ruang lingkup adalah luasnya, variasi, dan jenis
pengalaman pendidikan yang akan diberikan siswa saat mereka menunjukan kemajuan
dalam program sekolah.
2. Integrasi
Integrasi
menekankan hubungan horizontal antara b rbagai topik konten dan tema. Integrasi
dapat dicapai dengan beberapa cara , yaitu menggabungkan mata pelajaran dan
juga pemotonga konten dimata pelajaran.
3. Urutan
Ketika
mempertimbangkan urutan, kurikulum ditantang untuk menangani secara efektif
sehingga kurikulum mendorong pembelajaran komulatif dan terus menerus.
Dalam
kurikulum ada beberapa prinsip=prinsip pembelajaran yang cukup baik diterima.
Smith dan stanlay, memperkenalkan 4
prinsip yaitu, sederhan untuk
belajar konpleks, belajar prasyarat, keseluruhan untuk bagian pembelajaran, dan
pembelajaran kronologis.
a. Sederhana untuk belajar yang kompleks
Hal ini
mengacu pada gagasan bahwa belajar yang optimal yaitu disajikan dengan mudah,
sering .s
b. Prasyarat pembelajaran
Hal ini
bekerja sesuai dengan asumsi bahwa informasi pembelajaran harus dipahami terlebih dahulu sebelum
potongan pembelajaran lain dapat dipahami.
c. Keseluruhan untuk bagian pembelajaran
Kurikulum
diatur sehingga konten atau pengalaman disajikan pertama dalam gambaran mode
untuk memberikan siswa ide dan informasi.
d. Belajar kronologis
Belajar
kronologis diantaranya seperti pelajaran sejarah, ilmu politik
4. Kontinuitas
Adanya
pengulangan dan terus menerus serta dipraktekan dan dikembangkan . Bruner
mengatakan bahwa sebuah kurikulim yang berkembang harus kembali kepada ide-ide
dasar berulang kali, sampai siswa telah menangkap seluruhnya sampai penuh
terjadi pada mereka.
5. Artikulasi
Ketika
merancang kurikulum pendidik, harus
menyesuaikan setiap aspek dari
desain. Sebuah kurikulum yang seimbang adalah dimana siswa memiliki keempatan
untuk menguasai pengetahuan dan menginternalisasikan dan menggunakannya dengan cara yang tepat
untuk tujuan pribadi, sosial, dan intelektual .
Menurut poster dan mogok bidang kurikulum dilengkapi 4 penyelenggara lain untuk menentukan urutan,
1. Belajar terkait, 2. Pemanfaatan konsep terkait, 3. Penyelidikan terkait, 4.
Pembelajaran terkait.
Metode
konsep sangat terkait dari struktur pengetahuan.
Ini berarti ada
hubungan timbal balik antara konsep dengan dunia nyata. Langkah-langkah
yang ditempuh dalam pengolahan konsep dan prinsip dalam penyelidikan akan menjadi urutan topik dalam kurikulum.
Kontinuitas dijelaskan Bruner tentang kurikulum
spiral. Bruner mencatat bahwa kurikulum harus diatur sesuai dengan
keterkaitan antara struktur ide-ide
dasar masing-masing disiplin utama. Bagi siswa untuk memahami ide-ide dan
struktur dasar, mereka harus mengembangkan dan dibangun mode spiral.
Konsep
kurikulum sepiral tidak hanya berkaitan dengan integrasi vartikal pengetahuan
tetapi juga integrasi horizontal, atau penambahan luas. Ketika pendidik
berusaha untuk meningkatkan hubungan antara
topik dalam disiplin tertentu atau mereka berhadapan dengan artikulasi
vartikal kurikulum. Artikulasi mengacu pada keterkaitan berbagai aspek kurikulum. Artikulasi vertikal menggambarkan hubungan
aspek-aspek tertentu dalam urutan program .
2.4 . PERWAKILAN DESAIN KURIKULUM
Desain kurikulum merupakan hasil modipikasi integrasi dari 3
jenis desain dasar: 1. Subyek desain terpusat, 2. Pembelajaran desain terpusat,
3. Masalah desain terpusat.
Setiap kategori terdiri beberapa contoh yaitu subyek desain
terpusat meliputi desain subyek, desain
disiplin, desain bidang yang luas dan desain korelasi. Desain pembelajaran
terpusat adalah desain pengalaman, romantika atau desain radikal, desain
humanistik. Masalah desainterpusat mempertimbangkan situasi kehidupan, desain
inti, dan masalah rekunstruksi dsain sosial.
1. Desain subyek-contered
Desain subyek terpusat yang paling populer dan banyak
digunakan desain kurikulum. Hal ini karena pengetahuan dan konten yang diterima dengan baik dengan integral dari
kurikulum
Kelemahan dari desain kurikulum lain dari desain kurikulum adalah bahwa
belajar cendrung terkotak dan untuk menekan keterampilan menomonik. Subyek
tidak berhubungan dengan realitas siswa, masalah utama adalah desain ini
menekankan konten mengabaikan kebutuhan, minat, pengalaman siswa, bahaya lain
adalah guru cendrung untuk mendorong siswa pasif dalam pembelajaran.
2. Desain disiplin
Desain disiplin adalah organesasi yang melekat pada konten.
Sedangkan desain subyek tidak membuat jelas dasar mana yang diatur. Raja dan
Brownell pendukung desain ini menunjukan bahwa disiplin adalah pengetahuan khusus yang memiliki
karakter penting seperti komunitas orang, sebuah eksperimen dari imajinasi
manusia. Domain, tradisi, modus penyelidikan, sturktur konseptual, bahasa
khusus, warisan sastra, jaringan komunikasi, sikap evaluatif, dan afektif dan
komunikasi instruktif.
Pengetahuan disiplin adalah aspek kunci dari desain kurikulum. Konten untuk kurikulum sekolah
ditentukan untuk menciptakan struktur
disiplin. Pengetahuan disiplin dapat disamakan “ perintah “ yang hanya
mengajarkan disiplin ilmu pengetahuan seperti matematika, bahasa inggeris,
sejarah, asumsi yang digunakan bahwa sekolah adalah mikrosmos dari dunia
intelektual.
Ada perbedaan penting antara desain disiplin dengan desain
mata pelajaran .
Dalam desain disiplin, sistem mengalami disiplin.
Sehingga mereka dapat memahami konsep
sedangkan dalam desain materi pelajaran
siswa telah dianggap telah belajar jika
mereka memperoleh pengetahuan dan informasi.
Menurut Bruner bahwa subyek yang diajarkan secara efektif
dalam beberapa bentuk jujur untuk setiap
anak pada tahap pembangunan.
Desain disiplin sar informasitidak luput kritikan. Hal ini
ditentang oleh banyak orang untuk alasan yang
Sama bahwa desain terpisah- Subyek dipertanyaan
kurikulum dirancang sesuai dengan struktur
disiplin. Kelemahan terbesar dari desain adalah menyebabkan
sekolah-sekolah untuk mengabaikan sejumlah bes ar informasi yang tidak dapat
diklasifikasikan sebagai pengetahuan disiplin, seperti estetika humanisme,
hidup pribadi, sosial, dan pendidikan.
Harry
Broundy dkk, menawarkan desain bidang , bahan dari desain bidang dapat
dikategorikan sebagai berikut :
1. Simbol informasi seperti bahasa
inggeris, bahasa asing dan matematika.
2. Dasar ilmu seperti ilmu umum,
biologi, fisika, kimia.
3. Studi perkembangan informasi kosmos
seperti evaluasi lembaga-;embaga sosial, evaluasi budaya manusia.
4. Eksempel mode pengalaman estetis
pengalaman yang akan mencakup seni, musik, drama, sastra dan lain-lain.
5. Masalah molar yang akan mengamati
masalah-masalah sosial yang khas.
Pendekatan
bidang yang luas biasanya, menggabungkan mata pelajaran yang terpisah dari
dalam domain pengetahuan kadang-kadang desain kurikulim memungkinkankan
pencampuran isi dari dua atau lebih cabang pengetahuan.
3. Desain korelasi
Korelasi
adalah desain yang digunakan untuk menciptakan desain bidang yang luas, tetapi
adakalannya mata pelajaran terpisah membutuhkan
beberapa hubungan untuk mengurangi
fragmentasi konten kurikulum.
Korelasi
adalah suatu usaha untuk menghilangkan isolasi dan kompertemantalisasi mata
pelajaran tanpa merombak secara radikal kurikilim mata pelajaran. Gagasan
kurikulum kolaborasi adalah menarik bagi orang. Alberty membahas tentang inti
kolaborasi, versi inti mempertahankan isi dasar mata pelajaran, tetapi isinya
telah dipilah dan disusun dengan mengacu pada tema yang luas, masalah, atau
unik.
Variasi ini
yang diperlukan, dijadwalkan sesuai dengan waktu. Guru dari berbagai bidang isi
berkorelaasi bisa bekerja sama dengan memulai siswa mengerjakan tugas yang
menarik , dari daerah konten berkolerasi. Seperti guru yang memilih siswa yang
menyelidiki sejarah industrisasi di amerika serikat, mereka juga memiliki siswa
yang topik berhubungan dengan ilmu pengetahuan mungkin bidang studi kimia, yang
terlibad dalam pembuatan biji besi menjadi baja. Desain korelasi membutuhkan
waktu dan perencanaan. Hal ini sulit untuk dicapai karena guru menilai kelas
mandiri tingkat sekolah dasar dan tidak punya waktu berkolaborasi, sedangkan
ditingkat menengah, guru diatur dalam kompertemen terpisah yang cendrung
mendorang isolasi. Seorang guru juga
harus memenuhi jadwal tertentu pada kelas tertentu, sehingga hanya memiliki
sedikit waktu untuk bekerjasama dengan guru yang lain.
4. Desain Learner-Centred
Kurikulum
diciptakan untuk siswa. Perancang pendidikan mengnggap bahwa dalam menciptakan
kurikulum nilai
.
5. Desaian anak centrered
Desain ini
terpusat pada peserta didik hal ini mendapat pijakan pertama dalam pemikiran
pendidikan, para pendukungnya bersikeras bahwa semua sekolah kegiatan belajar harus berpusat disekitar kebutuhan
yang dirasakan dan kpentingan anak . Banyak ahli berpijak yang diperlukan
untuk menuntut kearah study teoritis “
Guru adalah untuk memberikanmurid
kesempatan untuk mengamati alam dan belajar sendiri, Henrich pestalozzi dan
Friedrich forebel berpendapat bahwa anak akan mencapai realisasi diri melalui
partisipasi sosial, mereka menyuarakan prinsip learning by doing . Pendekatan
mereka terhadap pendidikan dilengkapi dasar
karya prancis parker . Parker percaya
bahwa metode pengajaran harus bepola dengan pendekatan alamiah anak untuk
belajar. Dia menyarankan anak-anak belajar
berbicara bahasa dengan menggunakan kata-kata , mereka harus diajarkan
metode “ word “
Dengan
demikian, guru didorong untuk sempurna untuk melibadkan anak-anak dalam
percakapan untuk mengajarkan membaca, sedngkan mengajarkan geografi, parker
mendesak guru untuk membawa anak-anak berkunjung kelapangan untuk membuat sketsa dan peta
sederhana.
Deway dan
parker, melihat pendidikan suatu proses sosial yang melayani fungsi sosial.
Melalui pendidikan individu diberikan kebebasan untuk mencapai tujuan sosial. Deway melihat perkembangan
individualistis pada anak, orang sebagai suatu yang berkembang terus menerus, bukan suatu yang diberikan sekaligus dan siap dibuat. Kil patrick
menggabungkan 4 langkah pemaknaan,
perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dengan disorot proyek. Satu kreteria
utama yang kemudian dikena dan l sebagai metode projek.
Metode
projek digerakan melalui pengalaman Kilpatric bependapat bahwa perbedaan ajaran
“ tujuan sosial” sedangkan pengalaman berpusat hanya “ tujuan anak” sehingga
mana yang akan lebih didahuluakan . Kilpatrik memberikan alasan bahwa “ jika
ingin mendidik anak untuk berpikir dan merencanakan untuk dirinya sendiri, maka
biarkan dia membuat rencana sendiri. Sedangkan penekanan pada anak
pengungsiannya penekannya pada meteri pelajaran. Ketika materi disajikan materi
tidak dipisahkan dan tidak disempitkan tetapi terintegrasi melalui pengalaman atau masalah sosial.
Solusi untuk masalah yang diperbolehkan metode dan bahan dari beberapa bidang
subyek dalam kurikulum terpusat
pada pengalaman. Metode untuk mengatur
tumbuh pengetahuan dan materi pelajaran. Spesialisasinya harus beralih pada
masalah terpusat danLuas bidang progrm
yaitu materi pelajaran bagi mereka harus diperlukan pemahaman dan pemecahan
masalah sosial.
Desain
terpusat pada kurikulum anak, berkembang
pada tahun 1920-1930 menggunakan
observasi, bermain, cerita dan pekerjaan tangan dengan dasar untuk mengatur
pengalaman kurikulum.
Ellesworth
colling 1917, dia menganjurkan penggunaan proyek bermain, proyek wisata, proyek
cerita
Untuk mengatur kegiatan belajar. Meskipun
banyak sekolah yang berhasil banyak
literatur pendidikan , banyak hanya menerimannya terb atas.
6. Desain pengalaman- centred
Desain
kurikulum pengalaman mirip desain
terpusat anak . Pada kerangka kurikulum ini tidak dapat direncanakan untuk
semua anak. Setelah anak tiba disekolah, program kemudian dapat diciptakan yang
bertujuan untuk kepentingan yang unuk bagi mereka. Kebutuhan dan kepentingan
bagi anak-anak akan menentukan kurikulum yang sebenarnya. Pembelajaran
sepenuhnya tergantung pada partisipasi
aktif anak-anak dalam kegiatan sebangun dengan kegiatan mereka. Gagasan kurikulum
ini tidak dapat derencanakan sebelumnya, bahwa segala sesuatu harus dilakukan “
ditempat “ setiap guru harus beaksi terhadap setiap anak. Membuat desain ini
mustahil dilakukan sehingga membuat orang-orang mengabaikan sejumlah besar informasi yang mereka miliki tetang
pertumbuhan anak-anak dan pengembangan kognitif, apektif, emosianal dan sosial
. kurikulum Pengalaman menitik beratkan
pada kepentingan peserta didik.
Pada
tahun 1934 Deway mengatakan ada
beberapa, pemikiran saat ini untuk mentransper tanggung jawab menciptakan kurikulum dari pendidik
kepada anak. Pendidik harus sadar kepentingan anak cenderung bersifat sementara
atau tidak sengaja guru brtanggung jawab
untuk mengidentifikasi dan mengelolah anak, bahkan membentuk yang aru, yang
dihargai oleh masyarakat dan sesuai dengan perkembangan masyarakat.
7. Desain romantis ( Radikal )
Pandangan
ini telah membantu anak kemasa yang lebih baru oleh reformas yang mendukung
Modifakasi sekolah radikal.Pandangan ini telah mengadopsi tentang naturalis
romantis. Ide-ide mereka memiliki sejarah yang cukup panjang. Para reformasi
sekolah radikal mendukung ajaran desain
peserta didik. Romantis kontenporel menjadi kasus yang benar ada pengembangan
kurikulum sebelum siswa tiba di kelas dan kebutuhan dan kepenting. Sebelum
mereka akses. Beberapa romantis menyatakan bahwa sangatlah tidak berguna untuk
merencanakan isi program. Sebelum anak datang kesekolah.
John holt
berpendapat gagasan kurikulum, kurikulum merupakan badan yang paling penting dalam
pengetahuan. Ide kurikulum tidak kesepakatan dalamnya. Paul goodman berpendapat
bahwa pendidik berusaha untuk mempengaruhi anak-anak sesuai dengan kurikulum
dengan metode artikulasi. Sekolah adalah untuk menjadi “ Pendidik Insiden “
mengambil bahagian dalam kegiatan yang sedang berlangsung masyarakat, jika
belajar adalah menjadi benar mungkin lebih baik jika banyak anak-anak dari
kelas miskin dan menengah tidak pergi sekolah sama sekolah.
Goodman
menganggap anak-anak memiliki kemampuan
bawaan untuk menentukan apa yang terbaik untuk pengalaman belajar mereka
sendiri, dalam arti mereka tidak perlu dewasa pendidik harus menyadari bahwa
anak-anak mempunyai kemampuan, kebebasan, untuk membuat pilihan berarti bagi
pendidikan dan pengembangan mereka.
Kelemahan
utama : dari desain berpusat pada peserta didik, terutama dasain
romantis,sebuah kurikulum berdasarkan kebutuhan dan minat anak sendiri tidak
cukup mempersiapkan anak-anak untuk hidup. Desain tidak memeliki pengalaman
yang diperlukan untuk memahami apa yang dibutuhkan untuk berfungsi secara
efektif, didunia saat ini dan masa depan.
Kelemahan
kedua : Dari desain ini adalah tidak memiliki struktur horizontal difinitif
jika disiplin dieliminasi sebagai penyelenggara utama, Shores menunjukan bahwa
kurikulum akan didasarkan pada kepentingan
anak tidak memberikan kerangka kategori untuk pola kurikulum.
Kelemhan
ketiga : Ketiga desain ini blum desain ini tidak memiliki kontinuitas ( urutan
) upaya dilakukan untuk mengatasi kelemahan ini. Dengan memiliki alam “ urutan
“ dimana anak mengembangkan kapasitas
mental mereka. Desain juga memiliki beberapa kelemahan keterbatasan yang paling
praktis adalah bahan komersil tidk tersedia asumsi pendidikan . Desai komsumsi
bahwa guru memiliki jangkauan yang luar biasa keterampilan dan kompetensi.
Pendidikan
humanistik mengambil gagsan tahun 1970 pendidikan pertemuan adalah perpaduan
dari domain apektif ( perasaan, sikap, nilai ) dengan domain kognitif (
pengetahuan dan kemampuan intelektual ). Pendekatan ini menambahkan komponen
afektif dengan komvensiaonal materi pelajaran kurikulum. Mereka mendesak bahwa
kurikulum akan sangat terorganisir untuk memberikan para siswa dengan banyak
alternatif memilih apa yang mereka rasakan.
Pendidkkan
konpluen menekankan partisipasi menekankan pembahagian kekuasaaan, negosiasi,
dan tanggung jawab bersama. Hal ini menekankan seluruh pribadi integrasi
pemikiran, perasaan dan tindakan. Hal ini berpusat pada revolusi materi dalam
kebutuhan dasar dan kehidupan.
Welnstein
dan fantiri menyajikan jenis pendidikan konfluen dimana siswa menentukan konsep
yang mreka pelajari. Minat adalah kegiatan yang menarik bagi siswa ada 3
kekewatiran yang dirasakan siswa, kekuasaan
tentang citra dir, kekewatiran ketidak terhubungan dan kekewatiran
tentang kontrol atas kehidupan seseorang.
Mereka juga
mempertimbangkan kurikulum eksis sebagai sruktur 3 jenjang. Satu lapis terdiri
dari membaca, perhitungan dan keterampilan menulis.
Advokat
dari desain kurikulum humanistik menyadari dalam pendidikan guna mengatasi dimensi
rasional manusia. Perasaan dan sikap berfungsi yang mereka lakukan emosi pemuda
harus menjadi target utama pendidikan umum.
Humanistik
pendidikan menyadari bahwa kognitif, afektif, dan psikomotor, domain saling
berhubungan hahwa sealin 3 domain tadi wilayah sosialisasi dan spritual juga
harus ditangani. Desain kurikulum humanistik menekankan pengembangan
keterampilan positif. Konsep diri dan interpersonal, sebuah desain terkait,
pada oreantasi aspek kesadaran monistik
desain mengambil oreantasi sedikit lebuh jauh Meskipun masih ada individu,
mendorong institusi dan transdensi melalui instruksi seseorang dapat mengakses
pemikiran kreatif untuk enghasilakan persepsi holistik realistik. Desain kurikulum humanistik memiliki banyak
kelemahan yang sama seperti desain terpusat pada peserta didik. Mereka
membutuhkan guru ketempilan.
Desain yang
humanistik terfokus pada metode dan teknik mereka dan konsekwensi bagi peserta
didik.
8. Desain soal- centred
Jenis utama
dari ketiga desain kurikulum, yang berpusat pada masalah hidup pada realistis
yang dirasakan kelembagaan dan kelompok kehidupan baik bagi individu dan
masyarakat pada umumnya. Desain kurikulum terpusat pada masalah diselenggarakan
untuk memperkuat tradisi budaya juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang
belum terpenuhi. Meskipun desain menempatkan individu dalam pengaturan sosial,
mereka tidak seperti pada pembelajaran desain terpusat menempatkan indidvidu dalam pengaturan
sosial, mereka tidak seperti pembelajaran pusat desain yang direncanakan. Namun
masalah kurikulum terpusat menyadari kepriahatinan mereka dengan
masalahkehidupan asli, meraka kadang-kadang harus menyesuaikan untuk memenuhi
keprihatian dan situasi peserta
didik. Pusat lain, yaitu masalah sosial
kontenporer, dan bahkan berkaitandengan rekonstruksi masyarakat. Stratemeyin
menyipulkan bahwa siswa akan menemukan sekolah belajar mereka yang lebih
bermakna
Dan
langsung menerapkannya dalam hidup. Menggunakan desain ini seperti kehidupan
berulang, pendidikan rkaitan pendidikan dapat mem[perluas wawasan dan
memperdalam generalisasi mereka. Tentang masalah yang berlkaitan yang berkaitn
dengan dunia nyata.
Stratemeyer membuat daftar menguasai situasi berkepanjangan bagi
pendidik untuk mengikuti kunci dari daftar ebagai berikut:
a.
Situasi
menyerukan pertumbuhan dalam kapasitas individu.
1. Kesehatan
2. Daya intelektua
3. Tanggung jawab
4. Eksperesi estetika dan aspirasi
b.
Situasimenyerukan
pertumbuhan partisipasi sosial
1. Hubungan orang keorang
2. Keanggotaan grup
3. Hubungan antar kelompok
c.
Situasi
menyerukan pertumbuhan kemampuan untuk menghadapi faktor-faktor lingkungan dan
gaya
1. Fenomena alam
2. Fenomena teknologi
3. Struktur ekonomi sosial, politik dan
kekuatan
III. Kesimpulan
Desain adalah sebuah fenomena
kompleks yang membutuhkan pendidikan perhatian sehingga kurikulum mengandung
dan memiliki manfaat dan berhasil medapatkan
siswa untuk belajar konsep-konsep.
Masalah desain kemungkinan akan terus menarik perhatian para
sepisialis kurikulum dan generalisasi. Merancang kurikulum berurusan dengan
visi sebahagian besar pendidik. Pada bab ini, para pendukung masing-masing
desain menghadapi keputusan desain yang sama dengan pendukung yang lain.
Terlepas dari desain tertentu pendidik harus peduli dengan lingkup dan urutan
elemen kurikulum. Mereka juga harus memperhatikan artikulasi, kontinuitas, dan
keseimbangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar